TRIBUNWIKI: Berikut 11 Fitur Baru dalam iOS 13 yang Kini Resmi Hadir

oleh

Uri.co.id, MAKASSAR – iOS 13 menjadi trending topic pada Google, hingga Twitter setelah resmi diluncurkan.

Dilansir dari Kompas.com sesuai prediksi, Apple akhirnya merilis sistem operasi mobile iOS 13 di acara kumpul developer tahunan Worldwide Developer Conference 2019, di San Jose, California, AS 3 Juni 2019.

iOS 13 digadang-gadang sebagai iOS dengan pembaruan terbesar, karena mencakup beragam peningkatan dan fitur baru di dalamnya.

Lantas, apa saja fitur-fitur tersebut? KompasTekno telah merangkum dari The Verge, Selasa (4/6/2019), tentang 11 fitur baru dan peningkatan yang diboyong iOS 13.

1. Peningkatan Kinerja

Sebagaimana saat merilis iOS 12, Apple kembali menekankan peningkatan kinerja di iOS 13. Salah satunya ada di kecepatan membuka Face ID yang dikalim akan lebih cepat 30 persen dibanding sebelumnya. Aplikasi itu pun dijanjikan akan berjalan dua kali lebih cepat pada iOS 13.

2. Mode Gelap

Ini adalah fitur yang paling dinantikan dari iOS 13. Mengonfirmasi rumor yang beredar sebelumnya, mode gelap akhirnya resmi diperkenalkan dan siap digunakan. Semua aplikasi besutan Apple didukung mode gelap, termasuk notifikasi dan aplikasi home screen (dock).

3. Keyboard Swipe Baru

Selama ini, Apple mengandalkan keyboard dari pihak ketiga untuk iOS. Akhirnya, mereka merilis keyboard bikinan sendiri yang dilengkapi dengan gesture swipe untuk mengetik. Fungsinya mirip dengan keyboar Swiftkey, Swype, atau Gboard, di mana pengguna cukup menggeser papa ketik untuk menuliskan pesan. Versi Apple, fitur ini disebut sebagai “Quick Path”.

4. Aplikasi Reminders

Perombakan juga dilakulan untuk aplikasi Reminders (pengingat). Pada iOS 13, aplikasi tersebut kini memiliki tab “Today”, “Scheduled”, “Flagged”, dan “All”, untuk menyaring tugas atau agenda yang dibuat pengguna. Apple juga mengintegrasikan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang akan menyarankan, kapan pengguna ingin diingatkan.

Pengguna juga bisa menandai kontak sehingga nantinya akan diingatkan kembali tentang agenda tertentu saat membuka pesan dari kontak yang ditandai tadi.

5. Pembaruan Apple Mail, Notes, dan Safari

Apple Mail turut mendapatkan pembaruan dengan adanya format desktop. Begitu pula dengan browser bawaan Apple, Safari yang memilii preferesi per situs web. Notes juga mendapat pembaruan yakni tampilan mirip galeri untuk semua notes yang dibuat pengguna.

6. Apple Maps

Apple Maps mendapatkan perombakan cukup masif. Apple mengatakan membangun kembali aplikasi tersebut dari awal dengan peningkatan data peta yang lebih komprehensif dan mode baru yang mirip dengan Google Street View.

Perombakan ini baru akan tersedia di beberapa kota dan negara tertentu saja saat diluncurkan. Apple Maps baru akan bergulir di AS pada akhir 2019 dan meluncur secara internasional pada tahun 2020.

7. Privasi

Seperti diketahui, Tim Cook kerap mengatakan betapa pentingnya privasi pengguna. Pada iOS 13 ini pun beberapa fitur ditambahkan untuk meningkatkan keamanan privasi.

Pengguna akan bisa memilih untuk memberikan data lokasi ke aplikasi cukup sekali saja. Hal ini untuk mencegah ping lokasi saat Anda menggunakan apliaksi tersebut.

Apple juga menyediakan fitur “Sign in with Apple”, dikhususkan bagi para pengembang untuk masuk ke aplikasi dan layanan Apple. Jadi, pengguna akan tetap bisa masuk ke aplikasi Face ID dan membuat akun layanan baru tanpa harus mengungkap informasi pribadi.

Akun Apple juga bisa membuat alamat email pribadi berdasarkan setiap aplikasi yang nantinya akan diteruskan ke alamat e-mail utama pengguna. Hal ini, menurut Apple, dimaksudkan agar aplikasi tidak mengirim spam ke email utama pengguna.

8. Foto Profil iMessage

Di iOS 13, iMessage nantinya akan lebih mirip dengan WhatsApp karena pengguna bisa memasang foto profil dan display name.

Pengguna juga bisa menggunakan Memoji sebagai foto profil. Khusus Memoji, Apple menambahkan beragam opsi untuk mengkustomisasi Memoji, termasuk memungkinkan Memoji sebagai stiker iMessage, sebagaimana yang bisa dilakukan Bitmoji.

Stiker tersebut juga bisa digunakan sebagai kustom emoji di Apple Mail atau aplikasi ketiga seperti WeChat.

9. Alat editing foto dan video yang baru

Beberapa alat editing foto juga ditambahkan dan untuk pertama kalinya, Apple juga membuat alat edit untuk video. Di iOS 13, pengguna bisa menyunting tingkat kecerahan, sorotan, bayangan, kontras, saturasi, white balance, ketajaman, vignette, dan noise dalam foto.

Untuk video, editing baru sebatas merotasi video langsung dari perangkat. Antarmuka aplikasi foto juga akan berubah. Apple juga memanfaatkan machine learning untuk menghapus foto yang terduplikasi dan beberapa foto lain yang dianggap rusak agar pencarian foto lebih mudah.

10. Find My

Seperti rumor yang beredar sebelumnya, Apple memutuskan untuk menggabungkan aplikasi “Find My Friends” dan “Find My” iPhone ke dalam satu aplikasi terpadu bernama “Find My”. Dengan demikian, pengguna hanya butuh satu aplikasi untuk melacak teman atau perangkat yang hilang.

Aplikasi ini juga bisa melacak perangkat yang offline dengan mengirimkan suar Bluetooth yang aman ke perangkat Apple lainnya untuk mengirim umpan balik ke pengguna. Semua ini dilindungi oleh enkrpsi dan tidak akan memengaruhi data pengguna, daya baterai, atau privasi.

11. Media Eksternal

Pada iOS 13, akhirnya pengguna bisa mengambil file dari kartu SD dan USB flash untuk diimpor ke aplikasi Files.

iOS 13 akan tersedia mulai dari iPhone 6S. Pratinjau untuk para pengembang sudah bisa dilakukan tepat setelah diluncurkan. Sementara program beta akan meluncur bulan ini.

Kompas.com “iOS 13 Meluncur, Ini 11 Fitur Barunya Termasuk Mode Gelap”, https://tekno.kompas.com/read/2019/06/04/13125987/ios-13-meluncur-ini-11-fitur-barunya-termasuk-mode-gelap?page=3.

Update info terbaru tentang Timur dengan Subscribe channel YouTube kami:

Follow juga akun twitter kami: 

A

A ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!