Satu-satunya Perempuan yang Lolos di Dapil III Wajo, Ini Kiat Andi Muliana Sam Gaet Suara Rakyat

oleh

-WAJO.COM, SENGKANG – Khusus  Daerah Pemilihan (Dapil) III Kabupaten Wajo (Belawa-Maniangpajo-Gilireng), cuma satu caleg perempuan yang lolos ke DPRD Wajo.

Adalah caleg Partai Amanat Nasional (PAN), Andi Muliana Sam (48), yang berhasil mengumpulkan 1.827 suara di tiga kecamatan tersebut.

Lalu, apa tips dari sarjana insinyur pertanian tersebut mendulang suara rakyat? Menurutnya, ada trik dan kiat khusus, serta perencanaan yang matang.

“Saya maju caleg tidak berniat untuk mengalahkan siapa-siapa, kita punya perencanaan yang matang, memetakan calon pemilih, memilah, dan menyasarnya. Tentu kita pelajari mana calon pemilih yang respon dan mana yang tidak merespon,” katanya, Selasa (4/6/2019).

Taktik tersebut, menurutnya amatlah tepat dan sangat menghemat sumber daya. Dirinya mengakui, memberi porsi lebih di dua kecamatan, Belawa dan Gilireng.

Diketahui, di Kecamatan Belawa, Andi Muliana Sam berhasil mendulang 778 suara, dan di Kecamatan Gilireng sebanyak 960 suara. Sebanyak 89 suara sisanya berasal dari pemilih di Kecamatan Maniangpajo.

“Ini sangat menghemat sumber daya kita, kita tidak serampangan, dan kita tahu mana pemilih kita. Kita tidak asal-asalan menyasar dan melakukan semua cara agar bisa mendapatkan suara, itu tidak kami lakukan,” katanya.

PAN sendiri berhasil mendulang suara terbanyak di Kabupaten Wajo. Dari 6 daerah pemilihan, total PAN meraih suara 31.634 suara dan berhasil meloloskan 7 calegnya, termasuk Andi Muliana Sam.

Menurutnya, apa yang diraih oleh PAN tersebut adalah buah dari kerjasama yang solod antara Ketua Partai, pengurus dan semua calon anggota legislatifnya.

“Ini tidak lepas dari kerja keras ketua partai kami, serta para caleg PAN yang semuanya bekerja keras untuk memenangkan PAN, memang sekarang wattunnana PAN yang menjadi ketua DPRD,” katanya.

“Dan juga waktu Pilkada Wajo 2018 lalu, saya dan suami saya merupakan Tim Pammase yang berhasil memenangkan Bupati, jadi tim yang dulu itu sebagian masihh kami gunakan,” sambungnya.

Atas raihan tersebut, PAN berhak atas kursi ketua DPRD Wajo. Disinggung soal kemungkinan dirinya ditunjuk, Andi Muliana Sam pun menyerahkan seluruh keputusan tersebut ke internal partainya.

“Kita kembalikan ke mekanisme partai, saya rasa banyak yang lebih pengalaman dan senior di PAN,” kata istri dari Andi Bau Irwan tersebut.
Legislator petahana Parepare dari PDIP, Apriyani Djamaluddin

Legislator petahana Parepare dari PDIP, Apriyani Djamaluddin (mulyadi / timur)

Diketahui, 6 orang caleg PAN di Kabupaten Wajo yang lolos adalah Sudirman Meru (dapil I), Junaidi Muhammad (dapil II), Andi Muhammad Sarwan (dapil V), Andi Merly Iswita (dapil VI) serta Elfrianto dan Andi Alauddin Palaguna (dapil IV)

Update info terbaru tentang Timur dengan Subscribe channel YouTube kami:

Follow juga akun twitter kami: 

A

A ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!