Dibekuk Gegara Naikan Tarif Parkir di Pasar Butung, Ini Pembelaan Pelaku

oleh

Uri.co.id, MAKASSAR – Enam juru parkir yang mangkal di kawasan Pasar Butung diciduk Tim Respon Sabhara Polres Pelabuhan Makassar, Sabtu (1/5/2019) siang.

Ke enam pria itu, LM (47) warga Jl Tentara Pelajar, MJ (16) warga Kabupaten Gowa, IL (35) dan KM (16) warga Jl Capoa dan AD (27) warga Jl Kandea.

Ke enamnya diciduk lantaran dianggap jukir liar yang menaikkan tarif parkir tidak sewajarnya terhadap pengunjung Pasar Butung Makassar.

“Tarif yang mereka kenakan antara Rp 5-10 ribu untuk mobil, motor yang seharusnya hanya Rp 3 ribu dijadikan Rp 5 ribu. Dan ada juga khusus ke pasar Butung Rp 10 ribu,” kata Dantim Respon Sabhara Polres Pelabuhan Makassar.’

Lalu apa alasan ke enamnya menaikkan tarif sepihak?

Satu diantaranya, AD mengaku menaikan tarif sepihak lantara mengejar setoran yang juga dinaikkan.

“Kita naikkan ini (tarif) karena setoran pajak juga ke yang punya lahan juga naik Rp 55 ribu, sebelum ramadan hanya Rp 45 ribu,” kata AD saat diinterogasi polisi.

Lahan parkir yang ditempati AD Jl Kalimantan tidak jauh dari Pasar Butung.

“Saya setor ke yang punya lahan namanya Lukki, dia orang PD parkirji juga kayaknya, karena dia yang kasihki kertas karcia” ujar AD.

Hal yang sama diungkap JM, remaja 16 tahun itu mengaku tiap harinya menyetor sebanyak Rp 45 ribu tapi dengan orang berbeda.

“Samaji, kalau saya sebelumnya setoeanku Rp 30 ribu per hari, sekarang salama ramadan Rp 45 ribu per hari. Saya tidak tahu siapa natempati setor, karena bapakku yang setor saya punya pajak,” ujarnya.

Banyaknya pengunjung yang memadati Pasar Butung membuat JM panen bayaran parkir.

Bayangkan saja, JM yang mengaku baru memulai parkir pada pukul 14.00 Wita telah meraup Rp 277 ribu sebelum diciduk polisi pada pukul 14.35 Wita.

Namun, saat ditanya kembali terkait barang bukti uang Rp 277 ribu yang diamankan polisi, JM mengelak.

“Kalau tiap harinya, saya mulai parkir jam 8 pagi sampai jam 3 sore, biasa saya dapat Rp 300 ribu,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, tersapat puluhan juru parkir yang beroperasi di kawasan parkir Pasar Butung.

Mereka tersebar, di Jl Tentara Pelajar, Jl Kalimantan, Jl Sulawesi, dan Jl Pasar Butung.

Terlihat ada ribuan kendaraan roda dua yang terparkir di kawasan pusat perbelajaan itu. Begitu juga dengan kendaraan roda empat nyaris memadati setiap penjuru di setiap sudut Pasa Butung. (*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!