TRIBUNWIKI: Capai Balapan ke-300 di Formula 1, Ini Profil dan Perjalanan Karier Kimi Raikkonen

oleh

 
 
 
Uri.co.id, MAKASSAR- Kimi Raikkonen berbasil mencapai balapan ke-300 pada ajang F1.

Ia mencatat penampilannya yang ke-300 dalam ajang adu jet darat tersebut pada balapan F1 GP Monaco 2019, Minggu (26/5/2019).

Dilansir dari wikipedia, pembalap ternama Rossi juga turut mengucapkan selamat kepada Kimi.

“Halo Kimi, selamat untuk balapan yang ke-300 di Formula 1,” kata Rossi seperti dilansir BolaSport.com dari Twitter Formula 1.

“Kita tidak saling kenal secara personal, tetapi kita saling memahami karena sama-sama lahir tahun 1979, itu tahun yang hebat, selamat atas pencapaian ini,” ujar Rossi menambahkan.

Kendati mencatatkan penampilan balapan yang ke-300 di F1, Raikkonen ternyata tidak menyelesaikan balapan tersebut dengan hasil manis.

Raikkonen hanya mampu menuntaskan 77 putaran dari 78 putaran yang dipertandingkan pada seri tersebut.

Saat ini, Raikkonen berada di peringkat ke-10 klasemen sementara F1 2019 dengan raihan 13 poin.

Siapa Kimi Raikkonen?

Dilansir dari wikipedia, Kimmi Matias Raikkonen adalah seorang pembalap mobil professional asal Finlandia yang saat ini membalap di ajang Formula Satu.

Masa Kecil

Kimi Räikkönen lahir dari sebuah keluarga sederhana di Finlandia. Kimi merupakan putra kedua dari dua bersaudara.

Ibu Kimi bernama Paula, sementara ayahnya bernama Matti Räikkönen.

 Kakak Kimi bernama Rami.

 Ia pernah turun di ajang Formula 3 Finlandia.

Ayah Kimi adalah seorang mekanik. Dari kegiatan bongkar pasang mobil inilah minat akan motorsport mengalir di dalam tubuh Rami dan Kimi.

Sekarang ayah Kimi juga mulai ikut serta di ajang reli regional Finlandia.

Keluarga ini berteman baik dengan keluarga pembalap Finlandia lainnya, Heikki Kovalainen.

Sejak masih kanak-kanak, Kimi sudah tertarik pada beragam kegiatan olahraga.

Saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar, Kimi sudah mulai bermain sepak bola.

Memasuki usia SMP, Kimi lantas aktif pada beragam kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolahnya.

Ia mencoba gulat, taekwondo, sepa k bola, basket, hoki es, dan cricket dan ia selalu menang dalam kegiatan-kegiatan olahraga tersebut di sekolahnya.

Suatu hari, ia sempat kalah dalam sebuah pertandingan sepak bola di sekolahnya.

Ia pulang ke rumah sambil menangis, dan kemudian memeluk ibunya. Ia lalu berkata, “Ibu, suatu hari nanti saya akan menjadi juara dunia, saya janji apapun itu olahraganya, pasti saya akan menjadi juara dunia”.

Sang ibu terharu dan kemudian ikut mendoakan agar Kimi dapat meraih cita-citanya tersebut.

Awal Karier

Kimi Räikkönen mulai mengasah kemampuannya di ajang karting nasional dan internasional sejak usia 10 tahun, sebelum akhirnya pindah ke balapan mobil junior di 1999.

Sebelumnya ia sempat berkompetisi di empat balapan untuk Haywood Racing, finis ketiga di lomba pertamanya hingga akhirnya terpaksa gagal finis di tiga lomba berikutnya akibat masalah teknis.

Kimi juga berkompetisi di Formula Ford Euro Cup, di mana ia finis kelima, namun sayangnya ia gagal mengikuti Formula Ford Festival.

Bersama Manor Motor Sport, Kimi lantas menjuarai empat lomba yang diikutinya untuk berlaga di seri Formula Renault Winter.

Masih bersama Manor pada tahun 2000, pembalap Finlandia ini bertarung di ajang British Renault Championship, dan berhasil menyabet gelar juara klasemen setelah memenangi tujuh lomba dari 10 balapan yang ia ikuti.

Di setiap lomba, Kimi naik podium dan meraih tujuh pole dan enam fastest lap. Selain turun berkompetisi di British Renault Championship, ia juga berkompetisi di seri Formula Renault.

Dalam kompetisi ini ia sempat bertemu dengan Felipe Massa, dan walaupun kurang akrab, Kimi mungkin tidak akan pernah menyangka bahwa suatu hari nanti ia akan menjadi partner dari Felipe Massa di Formula 1.

Selama berlaga di Formula Renault, ia berhasil memenangi balapan dua kali, dan juga dua pole serta dua fastest lap. Dari 23 balapan di ajang Formula Renault, Kimi mencapai keberhasilan rata-rata lebih dari 50%, dengan memenangi 13 dari 23 balapan yang ia ikuti.

Atas hasil spektakuler ini, Peter Sauber dari tim Sauber kemudian dengan serius memperhatikannya, dan kemudian menghubunginya untuk mengetes Kimi dalam mobil F1.

Hasilnya ternyata memuaskan, dan akhirnya membuat Kimi ditarik oleh Peter Sauber untuk mengisi salah satu kursi balapnya di tim Sauber-Petronas untuk musim F1 2001.

Kontroversi

Izin Balapan

Sejak awal kariernya di ajang F1, Kimi Raikkonen sudah dibalut dengan kontroversi.

Kontroversi pertama yang meliputi dirinya adalah seputar superlicence (izin membalap), dimana beberapa tim merasa khawatir dengan pengalaman balapan Kimi Raikkonen yang sangat minim, dimana ia hanya turun 23 kali saja di ajang junior sebelum masuk ke F1.

Kimi lantas diberikan izin balapan sementara sampai GP San Marino, dan kemudian berkat penampilannya yang bagus, FIA lantas memberikan Kimi izin balapan penuh.

Gaya Hidup

Akhir musim 2004, dan Kimi sedang berlibur di sebuah kepulauan tropis dengan kapal pesiarnya.

Ia lantas bertindak ceroboh dengan kebanyakan minum minuman keras.

Dan kemudian dari bagian atas kapal pesiarnya, Kimi kemudian jatuh ke bagian dek dikarenakan mabuk.

Insiden ini kemudian diabadikan dalam bentuk video singkat, yang kemudian menyebar keseluruh dunia secara cepat.

Kimi sendiri hanya menanggapi dingin masalah ini.

Bulan Februari 2005, lagi-lagi Kimi terlibat kasus.

Kali ini di Gran Canaria Spanyol, bersama istrinya Jenni Dahlmann, Kimi tertangkap basah kembali mabuk-mabukan dan berpesta sampai fajar menyingsing. Ia kemudian tertangkap basah wartawan dalam keadaan mabuk berat, dengan pakaian yang hanya mengenakan celana pendek saja sambil memeluk sebuah balon lumba-lumba.

Tim McLaren lantas berang dengan tindakan Kimi ini, dan segera menegur keras pembalapnya tersebut, bahwa hal memalukan sekecil apapun bisa menghambat upaya tim untuk bisa merebut gelar juara dunia.

Data diri:

Nama: Kimi Raikkonen

Nama Lahir: Kimi Matias Räikkönen

Lahir: Finlandia, 17 Oktober 1979

Pasangan: Minttu Virtanen (2016)

Jenni Dahlman (2004-2014)

Anak:

Rianna Angelia

Robin Raikkonen

Instagram:

Prestasi:

  1. – Mencatat tujuh kemenangan di Formula 1 tanpa memenangi gelar dunia, menyamai rekor Alain Prost pada 1984 dan 1988, serta Michael Schumacher pada 2006.
  2. – Menyamai rekor 10 lap tercepat dalam satu musim pada tahun 2005 dan 2008 yang dicetak oleh Michael Schumacher pada tahun 2004.
  3. – Saat ini Kimi Räikkönen menduduki peringkat ketiga pemegang rekor lap tercepat sebanyak 37 lap tercepat.
  4. – Pembalap termahal di F1 dan di tim Ferrari dengan gaji mencapai US$ 51 juta di musim 2007 (Michael Schumacher menyusul di posisi kedua dan Fernando Alonso di posisi 3).
  5. – Menyamai rekor Nigel Mansell pada 1989 sebagai pembalap baru Ferrari yang sukses memenangi lomba di GP pertamanya untuk Ferrari saat ia menang di Australia.
  6. -Menyamai rekor Jody Scheckter (1979) sebagai pembalap baru Ferrari yang langsung meraih gelar dunia di musim pertamanya.
  7. – Mencatat 11 fastest lap dalam semusim, rekor baru di Formula 1.
  8. – Pada tahun 2008 Kimi Räikkönen mencetak rekor lap tercepat enam kali berturut-turut (Spanyol, Turki, Monako, Prancis dan Inggris) dan menduduki peringkat kedua untuk rekor lap tercepat terbanyak secara berturut-turut setelah Alberto Ascari dengan tujuh lap tercepat secara berturut-turut dalam satu musim.
  9. – Menyamai catatan Carlos Reutemann yang berhasil meraih angka baik di balapan F1 maupun di reli WRC. Yang membedakan Carlos Reutemann hanya turun di ajang rally Argentina.
  10. – Räikkönen adalah pembalap Finlandia ketiga setelah Keke Rosberg dan Mika Häkkinen yang berhasil menjadi juara dunia Formula 1.
  11. – Ia juga merupakan pembalap Finlandia tersukses dalam hal pencapain poin, finis podium dan lap tercepat di ajang Formula Satu.
  12. – Räikkönen memegang rekor pembalap dengan kemenangan terbanyak pada tahun perdananya membalap untuk Ferrari dengan 6 kemenangan, mengalahkan rekor sebelumnya milik Alain Prost sebanyak 5 kemenangan yang dicetak pada tahun 1990.
  13. – Räikkönen memegang rekor baru sebagai pembalap yang selalu finis dalam satu musim balapan dan juga meraih poin sebanyak 20 dari 20 balapan pada tahun 2012.
  14. – Räikkönen mencetak rekor baru sebagai pembalap tersukses yang melakukan comeback setelah mengundurkan diri dari Formula satu dengan menduduki peringkat ketiga di klasemen akhir pembalap 2012.
  15. – Niki Lauda melakukan hal yang sama pada tahun 1982 namun hanya menduduki peringkat kelima di klasemen akhir pembalap.

 Sumber berita: https://bola.kompas.com/read/ 2019/05/27/20000058/raikkonen- catat-penampilan-ke-300-pada- f1-rossi-beri-ucapan-selamat ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!