Transaksi Uang Kertas Asing di Sulsel Naik 8,52%, Didominasi USD dan SGD

oleh

Uri.co.id, MAKASSAR – Pada Maret 2019, transaksi Uang Kertas Asing (UKA) Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB) yang berkantor pusat di Sulsel meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Data Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Total transaksi penjualan UKA oleh KUPVA BB pada Maret 2019 di angka Rp 246,52 miliar.

“Angka itu meningkat sebesar 8,52 persen month to month (mtm) dibandingkan bulan sebelumnya yaitu sebesar Rp235,91 miliar,” kata Kepala Kantor BI Sulsel Bambang Kusmiarso belum lama ini.

Sejalan dengan hal tersebut, total transaksi pembelian UKA juga meningkat sebesar 13,58 persen (mtm) dibandingkan bulan sebelumnya yaitu menjadi Rp 255,32 miliar.

Untuk mata uang yang mendominasi transaksi penjualan UKA yakni USD mata uang Amerika Serikat dan SGD mata uang Singapura dengan share masing-masing 32,76 persen dan 29,18 persen.
Kunjungan BI Sulsel di Kantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumohardjo Makassar. Mereka membahas tentang pelaksanaan money changer pada 10 Mei 2019 mendatang.

Kunjungan BI Sulsel di Kantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumohardjo Makassar. Mereka membahas tentang pelaksanaan money changer pada 10 Mei 2019 mendatang. (FOTO Uri.co.id/SALDY)

Sementara Mata Uang yang mendominasi transaksi pembelian UKA adalah juga USD dan SGD dengan share masing-masing 31,26 persen dan 30,20 persen.

Dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan menjelang Ramadhan dan Idulfitri, masyarakat diimbau agar tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang besar.

“Karena perbankan telah menyediakan ATM di berbagai tempat,” ajak Bambang.

“Selain itu, agar dalam melakukan transaksi sedapat mungkin menggunakan alat pembayaran non tunai berupa kartu debit atah kredit dan e-money,” jelas Bambang menambahkan.(Uri.co.id)

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Timur:

Follow juga Instagram Timur:

Kompas.com “Perjalanan Kasus Pencucian Uang Mantan Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir”,  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!