10 Fakta Zakir Naik, No 8 dan 9 Bukti Dia Bukan Orang Sembarangan | Makassar Uri.co.id

Makassar Uri.co.id

Menu

10 Fakta Zakir Naik, No 8 dan 9 Bukti Dia Bukan Orang Sembarangan

10 Fakta Zakir Naik, No 8 dan 9 Bukti Dia Bukan Orang Sembarangan
Foto 10 Fakta Zakir Naik, No 8 dan 9 Bukti Dia Bukan Orang Sembarangan

URI.co.id – Abdul Karim Naik atau kerap dipanggil Zakir Naik tengah melakukan Safari Dakwah di Indonesia.

Khusus di Makassar Zakir akan tampil Senin 10 April 2017. Pria 52 tahun asal India itu akan berbicara dihadapan sekitar 10 ribu peserta.

Mengapa Zakir Naik begitu diidolakan. Baca fakta-fakta tentangnya berikut ini:

1. Berhenti jadi dokter

Zakir Naik lahir 18 Oktober 1965 awalnya berprofesi sebagai seorang dokter medis.

Ia memperoleh gelar Bachelor of Medicine and Surgery (MBBS) dari Maharashtra, tapi sejak 1991 ia telah menjadi seorang ulama yang terlibat dalam dakwah Islam dan perbandingan agama. Zakir Naik adalah pendiri dan presiden Islamic Research Foundation (IRF), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki dan menyiarkan jaringan saluran TV gratis Peace TV dari Mumbai, India.

2. Hapal kitab-kitab

Sebagai seorang penceramah, Dr. Zakir Naik dapat dikatakan sebagai penceramah andal dan jenius. Bertahun-tahun ia telah menghapal isi kitab-kitab agama seluruh dunia, bukan hanya kitab Quran dan hadits-hadits di semua tingkatan, tapi juga Injil dengan beberapa versi, Weda, Tripitaka, dan Bhagavad Gita.

Bukan hanya menghapalnya di luar kepala, Zakir Naik sanggup memahami konsep-konsep yang tertulis dalam kitab-kitab tersebut.

3. Mengidolakan Ahmed Deedat

Zakir Naik sebetulnya mempunyai tokoh yang menjadi inspirasinya sebagai ustad pembanding agama, yakni Ahmad Deedat. Tetapi, tak semacam panutannya, Zakir Naik hampir tak rutin memperoleh izin dari pihak agama lain menyelenggarakan debat terbuka. Sebabnya, Zakir Naik sering dijuluki ‘Ahmed Deedat Plus’ sebab argumentasi-argumentasnya yang kuat tak sedikit membikin pemimpin agama lain merasa ‘ngeri’ berhadapan dengannya.

4. Ceramah Disebar via Video

Meskipun Dr Zakir Naik biasa berbicara kepada ratusan hadirin, bahkan puluhan ribua hadirin, justru rekaman video dan DVD ceramahnya yang banyak didistribusikan. Ceramahnya biasa direkam dalam bahasa Inggris, untuk disiarkan pada akhir pekan di sejumlah jaringan TV kabel di lingkungan Muslim Mumbai dan di saluran Peace TV. Sejumlah video ceramah Dr Zaik Naik juga diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

5. Mengislamkan non-Muslim dari belahan dunia

Berkat ceramah dan debat yang disebarkan ke seluruh dunia melewati channel PeaceTV (bisa dilihat di Youtube), dengan penjelasan dan alasan yang masuk akal dan dalil-dalil yang jelas, tak sedikit dari para pendengar non-Muslim akhirnya tergerak hatinya masuk Islam.

6. Pendiri Islamic Research Foundation (IRF)

Selain sebagai dokter medis dan penceramah dunia yang telah sukses menggerakkan hati tak sedikit umat, Zakir Naik juga adalah pendiri organisasi Islamic Research Foundation (IRF). Organisasi ini ialah suatu organisasi nirlaba yang mempunyai hak siar jaringan saluran TV gratis, Peace TV dari Mumbai, India.

7. Penghargaan dari Raja Salman

Ia menerima berbagai penghargaan, seperti Ma’al Hijrah Distinguished Personality Award di Malaysia pada 2013 dan King Faisal International Prize for Service to Islam di Arab Saudi pada 2015.
Hadiah ini merupakan hadiah paling bergengsi di dunia Islam, mirip dengan Hadiah Nobel. Hadiah tersebut terdiri dari sertifikat, 200 gram medali emas 24 karat dan 750.000 riyal Saudi (US $ 200.000). Seluruh hadiah uang disumbangkan oleh Dr Zakir Naik ke Waqf of Peace TV Network.

8. Masuk Peringkat 3 Guru Spiritual Paling Berpengaruh

Dalam terbitan 22 Februari 2009, Indian Express membuat daftar 100 Orang India Paling Berpengaruh. Di antara satu miliar penduduk India, Dr Zakir Naik masuk peringkat 82. Dalam daftar khusus 10 Guru Spiritual Terbaik India, Dr Zakir Naik bertengger di peringkat 3, setelah Baba Ramdev dan Sri Sri Ravi Shankar. Ia merupakan satu-satunya Muslim yang masuk dalam daftar ini. Dan pada tahun 2010, Dr Zakir Naik menduduki peringkat pertama dalam daftar tersebut.

9. Masuk Daftar 100 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Dr Zakir Naik masuk dalam daftar 500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia yang diterbitkan setiap tahun oleh Georgetown University, Amerika Serikat. Dr Zakir Naik masuk dalam daftar tersebut berturut-turut pada tahun-tahun 2011, 2012, 2013, 2014, dan 2015. Bahkan, Dr Zakir Naik masuk daftar ‘100 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia.

10. Sebut Pelaku Teror 9/11 Orang Dalam

Meskipun banyak warga Eropa dan Amerika kagum terhadap Dr Zakir Naik dan berusaha menghadiri forum-forumnya, ternyata tidak demikian dengan pemerintahnya. Negara Inggris terang-terangan mencekal Dr Zakir Naik. Bahkan Amerika Serikat mengecam Dr Zakir Naik lantaran menyebut pelaku teror 9/11 merupakan orang dalam.

Zakir Naik dalam ceramahnya mengatakan, aksi teror yang terjadi di beberapa negara, seperti Afghanistan dan Pakistan tidak lebih besar dari teror Amerika Serikat yang menginvasi Irak. Bahkan, Dr Zakir Naik menyebut bahwa George W Bush adalah teroris. (Dirangkum dari berbagai sumber) (uri/ri/wi/urnia/ADK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Makassar Uri.co.id